Tuesday, January 8, 2013

Teknik Fotografi Outdoor - Menggunakan Matahari sebagai Rim Light

f/1.8  1/250  iso200
     Bagi pecinta strobist yang baru mulai dan hanya memiliki satu lampu, terkadang bisa merasa bosan dan terbatas dengan teknik pencahayaan yang digunakan pada portrait fotografi outdoornya. 


     Pada foto di atas, saya menggunakan teknik strobist dengan 1 flash SB900 menggunakan Westcott shoot-thru umbrella. Namun hasilnya seperti menggunakan 2 lampu. Sebenarnya saya memanfaatkan cahaya matahari sebagai rim-light agar dapat memberikan dimensi pada rambut model yang hitam.

      Menggunakan matahari sebagai salah satu sumber cahaya kita, memiliki sedikit keterbatasan, yaitu posisi. Kita tentu tidak bisa memindahkan matahari sebagaimana kita memindahkan lampu flash. Kitalah yang harus memposisikan model atau objek foto agar cahaya matahari jatuh tepat sebagaimana kita harapkan. Kekurangan kedua adalah, intensitas cahaya. Kita tidak dapat mengatur seberapa kuat cahaya matahari seperti kita mengatur kekuatan flash kita. Matahari pagi, siang dan sore, memiliki intensitas yang berbeda-beda. Bahkan dalam satu jam pun, cahaya matahari akan berubah-rubah. Apabila ini terjadi, kita harus menyeimbangkan kembali cahaya flash dengan cahaya ambien.
f/5.6  1/200  iso400


Peralatan fotografi yang digunakan:
Nikon D700
Nikkor 50mm f/1.8
2 Nikon SB900
Pocketwizard Mini TT1
Pocketwizard TT5
Westcott Shoot Thru Umbrella

Salam,
Briand Liong

1 comment: