Saturday, January 26, 2013

Teknik Fotografi Outdoor - Memanfaatkan Tempat yang Tersedia

f/4  1/250  iso200 


     Bagi kebanyakan orang yang menyukai fotografi model namun tidak memiliki studio, fotografi outdoor atau luar ruangan merupakan salah satu pilihan yang murah meriah. Dahulu, kita tahu fotografi model dilakukan dengan kamera medium format dengan lampu-lampu studio yang besar. Beberapa tahun belakangan, fotografer profesional maupun amatir banyak 'memindahkan' studionya ke luar ruangan. Yaitu dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. 

     Fotografi outdoor juga sangat ditunjang dengan peralatan-peralatan fotografi yang semakin ringkas sehingga mudah dibawa-bawa. Ditambah lagi dengan teknik-teknik strobist yang dipopulerkan terutama sekali oleh David Hobby dari Strobist.com dan Zack Arias dengan One Light.

     Lain dengan fotografi di dalam studio, di mana studio didesign sedemikian rupa agar dapat mendukung hasil yang ingin dicapai oleh sang fotografer, pada saat melakukan foto model outdoor, sebagai fotografer, kita dituntut jeli dalam menentukan lokasi pemotretan. Karena kita tidak dapat melakukan perubahan terhadap lokasi pemotretan yang biasanya adalah tempat umum. 

     Pernah saya menulis, salah satu tempat yang saya sukai dalam memotret model outdoor adalah di Ancol. Karena selain bebas dari tukang palak, Ancol memiliki beberapa setingan tempat yang berbeda. Waktu itu, saya menemukan dinding biru dengan teksture kotak-kotak besar di depan Seaworld. Dan karena model saya mengenakan pakaian berwarna merah, saya yakin, foto akan menghasilkan kontras yang menarik.

f/4  1/250  iso200
  

      Teknik fotografi outdoor kali ini, masih menggunakan satu lampu sebagai sumber pencahayaan utama. Yaitu Nikon Sb900 ditembakkan melalui Westcott shoot thru umbrella



Nikon D700
Nikkor 50mm f/1.8 AF-D
Pocketwizard Mini TT1 Nikon
Pocketwizard TT5 Nikon


Salam,
Briand Liong
 

2 comments:

  1. met pagi mas Briand Liong.

    hasilnya benar2 bagus. tpi ada satu pertanyaan mas. bgaimana caranya untuk tidak berbayang begitu, apalagi kita menggunakan satu flash ? mohon pengarahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mas Faisal... maaf baru balas... saya baru kembali.

      Untuk tidak berbayang... usahakan sumber cahaya sebesar mungkin. misalnya umbrella, softbox, dll.

      kemudian bisa juga memainkan perbandingan cahaya flash dengan cahaya lingkungan.

      semoga membantu.

      Briand

      Delete