Sunday, January 27, 2013

Bagaimana Menggunakan Grey Card: Setelah Pemotretan

Digital Grey Kard

     Tips fotografi kali ini, tentang bagaimana menggunakan grey card setelah melakukan pemotretan. Hal ini dilakukan agar dapat mencapai warna se-netral mungkin pada hasil foto, yang mana sulit didapat pada digital kamera dalam keadaan pemotretan dengan lampu-lampu dalam ruangan.

     Menggunakan grey card dalam memperbaiki white balance (WB) setelah pemotretan, dilakukan karena manual WB tidak dapat dilakukan sebelum pemotretan. Walaupun begitu, langkah yang dilakukan sangatlah mudah dan sangat cepat. Namun sebaiknya pemotretan dilakukan dengan file RAW.

     Setelah melakukan pemotretan, dengan tidak merubah setting pada kamera apapun pada kamera, termasuk pencahayaan, pada posisi komposisi dan framing yang sama, ambillah foto sebuah grey card.


Histogram RGB menunjukkan WB yang meleset

     Bukalah foto dengan menggunakan software yang dapat membuka RAW file seperti Aperture, Photoshop atau Lightroom. Saya pribadi menggunakan Nikon Capture NX.
Pilihlah menu "Set Color Temperature", setelah itu gunakanlah "Marquee Sample" sehingga bisa lebih banyak mengambil bagian dari grey card.

Histogram RGB menunjukkan WB yang lebih tepat

     Selamat, WB anda sudah netral. Ya, semudah itu daripada harus melakukannya melalui menu "Color Balance", bayangkan kalau anda punya ratusan bahkan ribuan foto. Dengan file RAW yang telah diperbaiki, kita tinggal melakukan "copy adjustment", lalu "paste adjustment" pada foto-foto lainnya yang diambil dalam keadaan setting dan pencahayaan yang sama.

WB Auto
setelah perbaikan WB

      Grey card yang digunakan adalah Digital Grey Kard.

     Untuk penggunaan grey card sebelum pemotretan, akan saya tulis pada kesempatan yang lain.

Salam,
Briand Liong

4 comments:

  1. kalo beli grey card di jakarta dimana ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di mlmphoto
      http://www.mlmfoto.com/white-balance-a-greycard.html

      Delete
  2. harganya brpa grey card trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. grey card sangat murah. bisa beli merek China sekitar Rp30.000-Rp100.000
      atau saya menggunakan DGK greykard sekitar $20

      Delete