Thursday, December 22, 2011

White Seamless Backdrop


     Dalam 2 bulan terakhir, baru akhir pekan ini saya tidak ada wedding. Salah satu rekan fotografer saya menghubungi, dia ingin meminjam Nikon Sb800 saya untuk project foto outdoornya. Saya mengundang mereka untuk melakukan project bersama di studio saya.
Ini pertama kalinya saya bekerja sama dengan Leenz Make-Up Artist.









Pada kedua foto diatas, saya menggunakan 3 lampu kilat. 2 Nikon sb800 di belakang kanan-kiri model dengan gobo. 1 lampu Jinbei m-300b dengan beaty dish di sebelah atas kiri depan model.
2 buah Nikon sb800 di set sedemikian rupa agar membuat background menjadi putih. Setingan ini merupakan teknik portrait yang sering kita dengar dengan nama white seamless backdrop portrait. Kalau kita perhatikan, sebenarnya banyak sekali comercial photography yang menggunakan teknik ini. Selain bersih dan simpel, teknik ini juga disukai para designer untuk kemudian foto lebih mudah digunakan dalam peng-editan. Teknik ini di populerkan oleh Zack Arias dalam beberapa tahun terakhir, yang terkenal dengan tutorial One Light nya.



Foto lainnya dapat dilihat di sini
Salam,
Briand Liong



4 comments:

  1. bro. ijin nanya sedikit ya.
    kalau bayangan dilantainya itu gimana? edit juga atau emang lantainya keramik putih yang memantul juga?
    trims

    ReplyDelete
  2. hi Irvan...

    saya hampir tidak pernah mengedit foto saya, kecuali darurat seperti jerawat dll.

    untuk membuat bayangan seperti itu dengan photoshop saja saya tidak mampu :p

    lantai bawah tersebut saya kasihkan kaca mika/akrilik bening, tujuan utama adalah melindungi agar layar kertas background tetap awet :p

    semoga membantu

    ReplyDelete
  3. ooh. terima kasih atas masukannya. sangat susah untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus tanpa bantuan photoshop. semoga sy bisa seperti anda.

    trims. sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto yang bagus dihasilkan dari berbagai macam faktor... lighting, atau komposisi, atau angle, atau warna, atau moment, atau edit, atau gabungan dari semuanya...

      usahakan memaksimalkan cahaya, karena fotografi adalah ilmu cahaya :)

      salam

      Delete