Tuesday, May 20, 2014

Teknik Fotografi: Bagaimana Memotret Mobil



     Ingin memotret sebuah mobil seperti fotografer komersial? Ingin memotret mobil gaul kamu yang sudah dimodifikasi? Ingin memaksimalkan teknik flash fotografi anda? Silahkan baca teknik sederhana ini.



     Foto di atas, masih jauh memenuhi kriteria foto komersil sebuah mobil para profesional di bidangnya. Namun dengan prinsip memaksimalkan teknik pencahayaan pada fotografi, blog ini lahir. Foto di atas diambil pada saat saya menjadi fotografer Mercedes Benz Indonesia pada acara peluncuran mobil tipe CLA di Parkir Timur Senayan akhir April lalu.
Mobil dipajang di atas panggung, dan bukan di studio, oleh karena itu, mohon abaikan latar belakang yang berantakan.


     Pada foto di atas, saya menggunakan 2 Nikon Speedlight dan 2 Lampu Yongnuo. Seperti terlihat pada diagram, lampu paling kiri ditembakan ke muka dan kap mesin mobil, lampu paling kanan untuk menyorot pinggang belakang mobil. Dan satu lagi adalah lampu flash yang dipasang di atas kamera, selain sebagai master mengkontrol semua speedlight secara manual, juga sebagai fill-light pada spatboard mobil. 

    
 

     Foto kedua tidak menggunakan speedlight di atas kamera untuk melakukan fill-light, terlihat agak terlalu gelap di bagian spatboard depan, dan saya mencoba backlight agar mengisi garis siluet atap mobil. 

     Pada teknik fotografi komersil untuk memotret mobil, para fotografer profesional harus dapat menegaskan garis-garis dan lekukan-lekukan pada mobil yang menjadi objek. Untuk mempermudah pekerjaan tersebut, mereka biasanya menggunakan light modifier yang sesuai. Saya cukup puas dengan foto "iseng" saya di atas yang hanya menggunakan Nikon Speedlight tanpa menggunakan modifier apapun.


Peralatan yang digunakan:
- Nikon D700
- Nikon AF-S 24-70mm f/2.8
- 2 Nikon SB900
- 2 Yongnuo
     
Fotografi adalah ilmu pencahayaan,
Salam,
Briand Liong

No comments:

Post a Comment