Friday, October 12, 2012

Lens Band

   


     Sudah beberapa bulan lensa 24-70mm f/2.8 saya karet zoomnya kendur, sehingga tidak nyaman pada saat digunakan. Saya tidak pernah mengalami hal ini di lensa-lensa lainnya. Seorang teman mengatakan, ini memang penyakit lensa 24-70mm, namun saya pikir ini bukan masalah cacat produksi bawaan pabrik, melainkan, karena lensa 24-70mm yang berat, ditambah apabila kita menggunakan body Nikon FX. Banyangkan, sebagai fotografer, kita sering sekali memegang kamera kita dengan satu tangan kiri. Dalam posisi ini, tentu saja tangan kiri kita akan mencengkeram lensa tepat di bagian karet zoom. Hal inilah yang menyebabkan kendurnya karet zoom lensa.


     Saya lantas membawa lensa saya ke Nikon Profesional Service di kawasan Manggadua Square. Di sana saya harus merogoh kocek sebesar Rp200.000,-. Waktu pemasangan sendiri hanya kurang lebih 10 menit.
Beberapa kawan menyarankan sebaiknya setiap lensa dipasangkan karet untuk mencengkeram karet zoom. Namun tentu agar terlihat lebih cantik, kita tidak bisa menggunakan sekedar karet gelang untuk mengatasi hal ini.
     Biasanya, beberapa kawan dan fotografer, menggunakan karet rambut atau karet gelang tangan yang biasa dipakai para wanita. Namun samapai minggu lalu, saya belum menemukannya di pasaran.
Lantas saya penasaran, bagaimana fotografer di luar negeri mengaasi masalah ini. Saya coba search Google dengan kata kunci “lens band”.
Ternyata saya menemukan www.lensband.com. Lens Band memproduksi karet untuk digunakan membungkus karet zoom lensa, dengan tujuan mengatasi karet zoom lensa kendur, dan juga mengatasi masalah zoom kendur atau yang disebut ‘lens creep’.




     Lens Band memiliki kualitas yang cukup baik bila dibandingkan dengan karet gelang yang beredar di pasaran. Lens Band juga ditawarkan dengan berbagai macam warna yang sangat menarik. Namun saya selalu berusaha agar tidak menarik perhatian orang-orang sewaktu saya memotret, oleh karena itu saya memilih warna hitam.
Lens Band dijual dengan harga US$4.99,-. Saya membelinya langsung di website mereka karena belum tersedianya dealer di Indonesia. Waktu delivery sangat cepat, hanya sekitar 4-5hari sejak saya melakukan pembayaran.
Mudah-mudahan, dengan menggunakan Lens Band, masalah karet zoom yang kendur tidak kembali lagi.



Salam,
Briand Liong

1 comment: