Tuesday, December 20, 2011

Powerex Maha MHC-801D Battery Charger

    
     Memiliki baterai bermerek akan percuma tanpa ditunjang dengan charger yang baik. Pengalaman mahal ini saya alami sendiri ketika memotret suatu corporate event. Seperti biasanya, satu hari sebelum mengerjakan tugas saya sebagai event fotografer, saya selalu mempersiapkan peralatan dengan baik, memformat kartu-kartu memori, serta men-charge semua batu bateri hingga penuh. Namun pada hari H, sewaktu memotret momen penting, flash saya tidak menembak, saya segera mengganti batu bateri yang lain, hingga set ke empat, hasilnya tetap sama, batu bateri seperti tidak pernah di charge sama sekali.
    
     Akhirnya saya melakukan research. Ternyata kita membutuhkan charger yang bagus, hal yang saya alami juga banyak dialami fotografer lain.
   
     Demi memaksimalkan efektifitas dan efisiensi kerja, saya memboyong Powerex Maha MHC-801D Battery Charger.
MHC-801D memiliki 8 slot AA/AAA charger. Masing-masing slot memiliki sirkuit independen, sehingga dapat men-charge baterai dengan kombinasi apapun.

     Baterai charger pada umumnya hanya bisa men-charge dengan kombinasi genap, 2 atau 4 baterai pada saat yang bersamaan. Pada baterai charger yang memiliki kualitas kurang baik, pada saat salah satu baterai sudah penuh, maka charger akan berhenti men-charge baterai lainnya. Hasilnya dapat ditebak, kinerja baterai tidak maksimal memperpendek umur baterai itu sendiri dan alat elektronik yang digunakan. Selain itu, banyak dikabarkan baterai mengalami over-charged atau under-charged. 
    
     MHC801D memiliki LCD display, menampilkan kondisi masing-masing baterai yang sedang di-charge serta menampilkan menu yang sedang digunakan. MHC801D memiliki 3 setting charging yaitu: 1hour rapid charge, soft charge, dan conditioning.
1hour rapid charge sangat membantu bagi orang yang membutuhkan banyak baterai di saat darurat. Namun
    
     Powerex tidak menyarankan penggunaan setting ini pada baterai di bawah 2000mAh.
Soft charge merupakan setting charging baterai secara perlahan, sehingga proses pengisian baterai bisa maksimal. Baterai yang diisi dengan setting soft charge tidak mengalami over heating, sehingga tidak memperpendek umur baterai.
Conditioning adalah setting untuk men-discharge baterai sebelum proses charging. 

Charger ini menggunakan adaptor sebagai power supply. 8 Battery case diberikan sebagai bonus.


Salam,
Briand

No comments:

Post a Comment